Heboh, Uang Palsu Dari Mesin ATM

788

Sebuah video di media sosial menunjukkan seorang petugas SPBU menyiram uang pecahan Rp 50 ribu dengan bensin.

Hal itu dilakukan karena petugas SPBU menduga uang yang baru dibayarkan oleh seorang pengendara adalah uang palsu.

Video viral ini diunggah oleh akun Instagram @nyanyo_gosip. Menurut keterangan video tersebut, uang yang diduga palsu itu didapat dari mesin ATM.

ATM vs UPAL

Niat hati isi BBM di POM kota kediri, agar bisa melanjutkan perjalanan ke kota BLITAR, soalnya liat indikator bbm E.. Liat uang di dompet ternyata kurang dr 30.000 .
Aku putuskan untuk ambil uang di ATM terdekat, kurleb Rp.200.000.. Setelah itu baru menuju ke POM.. Sesampainya diPOM sang penjaga bertanya

P- mau isi berapa bapak?
Q- 150.000 saja dah,yg penting sampek blitar..
P- Siap,mulai dari nol yah..
Q- Ok
Sambil ngobrol ternyata pengisian sudah selesai..
Q- pakai nota print y mba’ (sambil menyodorkan uang)ke pegawai..
P- uangnya yg satu lembar boleh saya siram pakai …….??
Q- emang kenapa mba’??
P- uang anda palsu..
Y saya lgsung kaget…
Q- saya baru ambil di ATM,masak sih ad yg palsu…??
P- ini buktinya uang anda palsu…

Yg mau saya tanyakan.
-Bagaimana menyikapi/cara kita mengembalikan uang tsb kpd pihak Bank… -Dan siapa yg hrs bertanggung jwb atas uang tsb?? Kalo ternyata uang palsu terdapat di sebuah ATM bank.

//www.instagram.com/p/BxOE4IYgcGk/

Warganet dengan cepat memberikan pendapat mereka terkait kejadian langka itu.

“Aq jg pernah.. mlh uang 100 rb an,suka gagal faham aj..kok bisa ya,” kata seorang

“Aku jg pernah dr atm 100 rb aku abis ambil terus mau stor tunai di bank lain gak bisa2 aku nanya sm satpam ny ternyta di beberapa lembar duit aku ad yg palsu jd mesin stor tunainy gx mauu hadeh knp yy bs seperti itu kok bs uang palsu bs lolos di bank2,” ujar yang lain berbagi pengalaman yang sama.

Tapi, beberapa warganet memberikan penjelasan yang masuk akal, menurut mereka uang palsu bisa didapat dari mesin ATM jika mesin tersebut berada diluar Bank.

“guys kalo ATM diluar bank gitu pengisiannya bukan tanggung jawab bank tsb. itu yang isi vendor. ada pihak sendiri diluar bank. kayak di mall, pom bensin, minimarket, dll yang letaknya gak bersebelahan/didalem bank. itu disebutnya ATM off premises. bank uangnya pun yang siapin dari vendor. dan itu pihak ketiga,” katanya.

 

Heni Anggraini